Masyarakat Informasi Silicon Valley

opening-12

Apple, Google, Facebook adalah tiga raksasa perusahaan teknologi yang bermarkas di Silicon Valley. Silicon Valley merupakan julukan untuk sebuah daerah di teluk selatan San Francisco, California yang menjadi rumah bagi ratusan perusahaan teknologi besar maupun startup seperti Tesla, Oracle, Linkedin, Twitter, Adobe dan lainnya. Silicon Valley selalu menjadi yang pertama menciptakan inovasi di bidang industri dan mendorong pertumbuhan bisnis melalui teknologi yang mereka ciptakan. Para inovator maupun eksekutif bisnis di Silicon Valley menjadikan teknologi dan informasi sebagai komoditas utama yang bernilai besar.

Keberadaan Silicon Valley setidaknya memberikan pengaruh pada dinamika masyarakat yang beralih dari aktivitas industri manufacturing menuju aktivitas masyarakat yang bedasarkan informasi (information based society). Hal ini sejalan dengan pendapat Everet M. Rogers:

Masyarakat informasi (information society) adalah suatu bangsa yang mayoritas tenaga kerjanya terdiri atas pekerja informasi (information worker) dan informasi merupakan elemen yang paling penting.

Revolusi teknologi informasi turut mempengaruhi pola relasi, kebiasaan dan kebudayaan di dalam masyarakat hingga muncul istilah generasi milenial dan bahkan generasi Z yang mana mereka disebut sebagai native technology. Selain berdampak secara langsung kepada masyarakat secara luas, revolusi teknologi memberikan dampak dan pemahaman baru kepada industri bidang lain khususnya dalam hal pelayanan konsumen (customer service) maupun pemasaran produk (marketing). Keberadaan smartphone, web, virtual account, e-commerce, marketplace dan lainnya menjadi bukti bahwa teknologi informasi kian dibutuhkan demi menjaga dan mengelola para konsumen.

Proses difusi terhadap inovasi dibutuhkan oleh seluruh lini bisnis demi mendukung kemajuan perusahaan. Sebuah bisnis yang enggan untuk melakukan inovasi maka sekarang atau di waktu yang akan datang akan segera tergantikan atau bahkan mati, karena teknologi menciptakan kebudayaan baru bagi masyarakat dan juga pasar akan selalu membutuhkan sebuah inovasi.

We shape our tools and they in turn shape us. (Marshall McLuhan)